Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperbaiki Printer Canon MP287 Error P07 Paling Jitu

Cara Memperbaiki Printer Canon MP287 Error P07


Cara Memperbaiki Printer Canon MP287 Error P07 - Tidak dapat dipungkiri bahwa keberadaan printer sangat dibutuhkan sekali dewasa ini. Canon MP287 merupakan salah satu jenis printer yang sangat recommended untuk digunakan. Kasus yang sering terjadi adalah printer bermasalah dan muncul tanda error P07 sehingga harus diatasi dengan baik. Berikut ini adalah langkah dari cara memperbaiki printer Canon MP287 error P07 yang harus disimak:

1. Matikan Printernya

Kamu tidak perlu khawatir jika mengalami kondisi printer error disertai dengan muncul kode P07, karena itu artinya bahwa printer kelebihan tinta. Cara yang paling pertama untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mematikan printernya terlebih dahulu dengan menekan tombol Off agak lama. Pastikan mematikan printer tidak disertai dengan melepas kabel yang sudah terhubung.

Guna mematikan printer adalah untuk merefresh kembali kondisi printernya agar ketika dinyalakan nanti sudah segar kembali. Mematikan printer ini pun tidak membutuhkan waktu yang lama sehingga kamu tidak perlu menunggunya terlalu lama. Kamu harus melakukan langkah dari cara memperbaiki printer Canon MP287 error P07 ini dengan hati-hati agar berhasil.

2. Menekan Tombol Stop/Reset

Langkah selanjutnya, kamu harus menekan tombol stop/reset yang ada pada printer dan menahannya. Jangan melepaskannya terlebih dahulu. Kasus yang sering terjadi adalah tombol reset ini tidak dapat menjalankan fungsinya sehingga perlu melakukan langkah dari cara memperbaiki Canon MP278 error tidak bisa direset.

Apabila kamu melakukan penelusuran yang lebih dalam melalui internet, penyebab dari tidak bisa diresetnya printer Canon MP278 tersebut adalah IC yang rusak. Solusi yang ditawarkan adalah dengan mengganti satu set motherboardnya. Terdapat solusi lain jika kamu tidak percaya atas kerusakan tersebut yaitu dengan membawa ke tukang service saja.

3. Klik Tombol Power

Tombol stop/reset yang telah di klik harus diikuti dengan tombol power juga, sehingga keduanya sama-sama tertahan. Apabila kamu menekan tombol stop/reset namun sudah dilepaskan terlebih dahulu baru klik tombol power, maka cara ini tidak akan berhasil. Pastikan perhatikan langkahnya dengan baik agar tidak salah nantinya.

Perlu dicatat bahwa langkah dari cara mengatasi Canon MP278 error tidak bisa direset sangat mudah sekali untuk dilakukan. Jadi, siapapun bisa mencobanya sendiri di rumah. Tanpa bantuan dari siapapun, kamu bisa memulai memperbaiki printer ini tanpa harus merasa khawatir tidak berhasil karena tiada hasil kalau tidak mencoba.

4. Melepas Tombol Stop/Reset

Langkah dari cara memperbaiki printer Canon MP287 error P07 yang selanjutnya adalah melepaskan tombol stop/reset tanpa harus melepaskan tombol powernya. Kamu tentu saja harus membaca langkahnya dari awal hingga akhir terlebih dahulu. Hal ini karena, langkah tersebut saling berkaitan sehingga membutuhkan konsentrasi yang lebih.

Perlu diingat kembali bahwa posisi tangan kamu sekarang adalah masih tetap menekan tombol power tanpa menekan tombol yang lainnya. Tahan jari tangan kamu jangan sampai lepas. Apabila lepas, maka harus mengulang kembali langkah cara perbaiki printer Canon MP287 error P07 dari awal. Tetaplah fokus dalam melakukan setiap langkahnya.

5. Tekan Tombol Stop/Reset Kembali

Langkah yang nomor 5 adalah dengan menekan tombol stop/reset kembali. Tombol ini ditekan bersamaan dengan tombol power yang masih ditahan pada langkah sebelumnya. Tekan tombol stop/reset sebanyak 6 kali. Tentu kamu harus menghitungnya dengan benar, karena apabila kurang atau kelebihan tidak akan membuahkan hasil.

Setiap kali tombol stop/reset ditekan, maka akan menimbulkan sebuah respon berupa kedipan dari lampu warning. Kedipan ini menandakan bahwa langkah dari cara memperbaiki printer Canon Pixma MP287 error P07 yang telah dilakukan sudah benar. Lakukanlah sesuai dengan prosedur yang ada agar tidak menimbulkan kerusakan yang lainnya.

6. Roller Akan Berjalan

Apabila kamu berhasil melakukan langkah dari cara memperbaiki printer Canon MP287 error P07 yang telah dijelaskan, maka Roller akan berjalan. Respon yang akan muncul selanjutnya adalah Display Printer menjadi Blank. Layar monitor kamu juga akan menunjukkan bahwa terdapat perangkat baru yang akan terinstal. Abaikanlah petunjuk tersebut, karena tidak akan berpengaruh apapun.

7. Mengunduh Software Resetter

Tidak hanya melakukan pengaturan pada printernya saja, melainkan juga pada komputer yang digunakan untuk melakukan pencetakan data. Mulanya, kamu harus mengunduh terlebih dahulu software resetter yang tersedia banyak di internet. Pilihlah salah satu linknya dan unduhlah dengan cara yang benar.

Kamu harus menyediakan satu lembar kertas untuk dilakukan percobaan mencetak data. Aturlah file EXE sebagai administrator kemudian, aturlah data yang ada agar dapat melakukan pencetakan file dengan baik. Apabila sudah selesai mereset, langkah selanjutnya adalah dengan mematikan printernya dan menyalakannya kembali untuk dites kemampuannya. 

Langkah dari cara memperbaiki printer Canon MP287 error P07 yang telah disajikan di atas memang lumayan banyak, namun mudah untuk dipraktekkan. Kuncinya adalah memahami setiap langkahnya dengan baik, barulah melakukan eksekusinya. Langkah-langkah tersebut membuat kamu tidak perlu pergi ke tukang service dan mengeluarkan uang lebih untuk memperbaikinya.


Calon Siswa
Calon Siswa Seorang yang sedang menimba ilmu dan berusaha lebih untuk menggapai cita-cita.