Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Cartridge Tidak Terdeteksi Canon MP287 Paling Efektif

Cara Mengatasi Cartridge Tidak Terdeteksi Canon MP287

Cara Mengatasi Cartridge Tidak Terdeteksi Canon MP287 - Cartridge merupakan komponen penting bagi printer sehingga harus selalu diperhatikan kondisinya. Apabila komponen ini mengalami kerusakan, maka printer tidak dapat digunakan. Terdapat banyak sekali cara mengatasi cartridge tidak terdeteksi Canon MP287 yang bisa dilakukan. Berikut adalah beberapa caranya.

Melakukan Langkah-langkah Untuk Mengatasi Cartridge Canon MP287 Tidak Terdeteksi

Hal yang harus kamu lakukan adalah melakukan beberapa langkah yang dapat mengatasi cartridge tidak terdeteksi. Langkah tersebut akan terangkum pada informasi yang akan disajikan berikut ini. Pastikan kamu menyimaknya dengan seksama agar tidak ada satu langkahpun yang terlewatkan:

1. Ubah Printer Menjadi Service Mode

Canon tipe MP287 merupakan versi yang cukup baik, namun sayangnya kadang terjadi kerusakan seperti cartridge yang tidak terdeteksi dengan baik. Hal tersebut membuat printer tidak dapat menjalankan fungsinya dan harus segera dilakukan tindak lanjut. Kamu yang ingin melakukan perbaikan harus mengubah printer menjadi Service Mode terlebih dahulu.

Cara mengatasi cartridge tidak terdeteksi Canon MP287 dengan mengubah printer menjadi Service Mode ini penting dilakukan. Hal ini karena, jika mode sudah berubah, artinya printer sudah siap untuk diperbaiki. Mudah sekali mengubah Service Mode, kamu pun dapat melakukannya sendiri tanpa harus merepotkan orang lain. Jangan lupa cek kembali setelah mengubahnya untuk jaga-jaga saja.

2. Klik Off pada Printernya

Melakukan proses yang lebih lanjut memang harus kamu lakukan, namun jangan lupa untuk mematikan printernya terlebih dahulu. Tekan tombol Off dan tahan sampai lampunya mati yang menandakan bahwa printer sudah mati. Perlu dicatat bahwa mematikan printer ini tidak disertai dengan melepaskan kabel powernya.

Tentu saja tombol power masih diperlukan dalam melakukan langkah yang selanjutnya. Jaid, tidak boleh dilepas begitu saja. Kamu pun tidak perlu menunggu lama dalam mematikan printer ini, sehingga tidak akan membuat jenuh.

3. Menekan Tombol Power

Kunci agar berhasil dalam melakukan langkah dari cara mengatasi cartridge tidak terdeteksi Canon MP287 adalah sabar. Hal ini karena, terkadang kamu harus mengulang langkahnya. Langkah yang ketiga ini adalah dengan menekan kembali tombol Power untuk menghidupkan printernya.

Tekan yang lama sampai terdapat lampu hijau yang menyala. Kamu harus memastikan dengan benar bahwa tombol hijau tersebut sudah menyala sebelum berlanjut ke langkah yang selanjutnya. Perlu diperhatikan jika langkah ini belum benar, maka langkah selanjutnya pun tidak akan membuahkan hasil apa-apa dan harus mengulang dari awal.

4. Menekan Tombol Resume

Langkah selanjutnya, kamu harus menekan tombol resume dengan masih menekan tombol power juga. Jangan sampai tombol tersebut terlepas. Jika terlepas, akan berakibat tidak berhasilnya langkah dari cara memperbaiki cartridge Canon MP287. Cobalah untuk melepaskan tombol resume namun tombol power masih tetap dipertahankan.

Tombol power ini mulai dari awal hingga akhir tidak dilepas. Selanjutnya, kamu harus menekan tombol resume sebanyak 5 kali menggunakan jari tangan. Menekan tombol ini harus dihitung dengan benar karena jika jumlahnya salah, maka tidak akan bisa membuat cartridge berfungsi kembali.

Tetaplah fokus dan konsentrasi ketika menekan tombol ini agar tidak salah dalam menghitung. Apabila kamu yakin jika tombol resume sudah di klik 5 kali, maka lepaskanlah tombol power dan resume tersebut secara bersamaan. Nantinya, komputer akan memberikan respon terhadap langkah dari cara mengatasi cartridge tidak terdeteksi Canon MP287 ini dan kamu tinggal menunggunya saja.

5. Komputer Akan Mulai Mencari Device Baru

Komputer pun akan mulai bekerja untuk mencari perangkat baru dengan ditandai tulisan “installing device driver software”. Abaikan saja tulisan tersebut karena tidak akan berpengaruh apa-apa sehingga kamu tidak perlu menunggu proses tersebut. Apabila sudah sampai pada tahap ini, maka proses sudah hampir selesai.

Kamu dapat memulai untuk mematikan printernya, kemudian dihidupkan kembali untuk mencoba apakah printer sudah berfungsi atau belum. Langkah yang berhasil akan membuat kamu bisa menggunakan kembali printer yang sudah diatur sedemikian rupa. Cobalah untuk mengeceknya dengan mencetak sebuah dokumen terlebih dahulu.

Membawanya ke Tukang Service Printer

Jika langkah dari nomor 1 sampai nomor 6 yang sudah dilakukan namun tidak membuahkan hasil, bisa jadi ada kerusakan lain yang tidak diketahui. Apabila kamu tidak ingin mengambil resiko lebih, silahkan segera hubungi tukang service printer yang terpercaya untuk mengecek keadaan dari printer yang dimiliki.

Melakukan service ini memang membutuhkan waktu yang tidak sebentar sehingga kamu harus bersabar. Poin yang paling penting lainnya adalah menyiapkan sejumlah uang untuk membayar jasa tersebut. Pastikan uangnya cukup untuk membayar agar tidak perlu balik lagi ke rumah untuk mengambil uangnya.

Langkah dari cara mengatasi cartridge tidak terdeteksi Canon MP287 tersebut dapat dipraktekan dengan mudah dan murah. Pastikan kamu memperhatikan cara tersebut dari awal hingga akhir terlebih dahulu baru melakukan eksekusi. Siapkanlah diri kamu agar tidak terkejut jika cara tersebut tidak membuahkan hasil karena terdapat kerusakan lain. 

Calon Siswa
Calon Siswa Seorang yang sedang menimba ilmu dan berusaha lebih untuk menggapai cita-cita.