Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperbaiki Printer Epson L120 Lampu Berkedip Bergantian

Cara Memperbaiki Printer Epson L120 Lampu Berkedip Bergantian


Sebagai salah satu printer yang berharga terjangkau, pastinya printer ini tidak lepas dari masalah. Lampu indikator yang berkedip dapat diatasi dengan berbagai cara yang cukup mudah. Kamu perlu mengikuti panduan
cara memperbaiki printer epson L120 lampu berkedip bergantian yang bisa diatasi dengan mudah. Hal ini penting karena, untuk memperbaiki printer yang bermasalah tidak boleh dilakukan sembarangan karena dapat mengakibatkan masalah yang serius.

Cara Memperbaiki Printer Epson L120 Lampu Berkedip

Umumnya, lampu berkedip bergantian pada printer dikarenakan adanya kertas yang sobek di dalam printer, sehingga jalannya cartridge terhambat. Tidak perlu khawatir, Berikut cara mengatasi printer Epson error lampu berkedip bergantian yang aman dan dapat kamu lakukan dari awal hingga akhir:

1. Mendownload Software Resetter

Cara pertama adalah dengan mengunduh software Resetter. Saat diunduh file yang kamu download harus berbentuk rar serta harus diekstrak. Kemudian, klik dua kali untuk membuka aplikasi resetter pada file dengan format .exe atau dengan cara menekan kanan Run. Jika aplikasi sudah dibuka, kamu harus memastikan model harus L130, kalau belum tekan select, lalu jenis printer L120 dipilih.

Selanjutnya, pilih Particular Adjustment Mode. Nantinya, kamu akan ditampilkan dialog, maka Waste Ink Pad Counter dipilih dan ketuk OK agar langkah berikutnya dapat dilanjutkan. Kamu akan ditampilkan jendela yang sudah dipilih, lalu kamu harus mencentang Main Pad Counter dan ketuk Check. Terakhir, klik Initialize dan Finish.

2. Melakukan Reset Secara Manual

Cara memperbaiki printer epson l120 lampu berkedip bergantian selanjutnya dapat dilakukan secara manual tanpa melalui bantuan software. Lampu berkedip bergantian merupakan tanda ada masalah, sehingga dokumen tidak dapat dicetak. Pertama, kamu nyalakan lebih dahulu printernya. Selanjutnya, kamu dapat menekan tombol resume selama beberapa detik, lalu lepaskan.

Jika kamu sudah melepas tombolnya, maka indikator tinta akan menyala lagi dan printer telah siap dipakai. Apabila lampu indikator masih hidup, maka lakukan dengan cara menekan kembali tombol resume selama beberapa detik, lalu melepaskannya. Lakukan cara yang sama dengan durasi yang lebih cepat. Tunggu hingga printer siap dipakai.

3. Sensor Encoder Dibersihkan

Ada dua macam sensor yang dimiliki printer Epson L120 yakni sensor tape encoder pada rel yang terdapat pada cartridge printer dan juga sensor encoder bundar yang ada di bagian sisi kanan printer. Kamu harus memastikan bahwa kedua sensor telah bersih untuk membersihkannya menggunakan tisu. Jangan lupa memastikan bahwa tidak ada sisa air di dalamnya.

4. Bersihkan Printer dari Sisa Kertas

Kamu juga perlu memeriksa adanya sobekan kertas yang mungkin tersangkut di dalam printer. Banyak kasus yang dialami sebagian orang karena menemukan sobekan kertas atau alat tulis yang tersangkut. Kamu bisa mempelajari cara memperbaiki printer epson L120 lampu berkedip bergantian yang ampuh dan aman dengan membersihkan sisa kertas atau alat tulis yang tersangkut. Jadi, dokumen yang ingin kamu cetak bisa berjalan lancar.

Printer Epson L120 Milik Kamu Error? Ini Penyebabnya

Itulah cara mengatasi printer Epson L120 error lampu berkedip bergantian yang dapat dicoba. Salah satu gangguan yang kerap terjadi pada printer Epson L120 adalah lampu indikatornya berkedip atau disebut blink. Masalah printer yang sering terjadi adalah lampu berkedip beberapa sebab diantaranya yakni tinta sampah full, ingin di reset, dan lain sebagainya. Ternyata ada beberapa hal lain yang menyebabkan printer Epson L120 error. Berikut penjelasannya:

1. Roller

Penyebab printer Epson L120 error yang paling sering adalah roller mengalami macet. Macetnya roller ini dapat disebabkan karena roller di dalamnya kotor, sehingga jalannya gear membuat penarikan kertas menjadi macet dan rawan sobek. Beberapa sebab diantaranya yakni adanya benda yang terjepit. Masalah tersebut tentunya membuat dokumen tidak bisa dicetak karena printer sedang mengalami paper jam.

2. Tabung Tinta Habis

Masalah umum penyebab printer error yakni tabung tinta habis. Kamu harus memastikan bahwa tinta yang ada di printer tidak habis. Jika kehabisan, segera lakukan isi ulang dan harus dipastikan bahwa selang tidak terhambat, sehingga proses pengisian dapat dilakukan dengan lancar.

3. Kabel USB Bermasalah

Sebelum memulai mencetak dokumen, cara memperbaiki printer epson l120 lampu berkedip bergantian kamu harus memeriksa kabel USB yang terpasang di komputer. Apabila kabel USB bermasalah karena terjepit atau terkelupas, maka dokumen tidak terdeteksi dan dokumen tidak dapat dicetak. Hal ini biasanya sering terjadi sehingga menghambat pekerjaan.

4. Ink Error

Kamu mungkin pernah mengalami masalah hasil cetakan printer buram atau kosong. Hal tersebut dapat terjadi karena tinta macet atau head printer mengalami kerusakan. Jadi, kamu harus melakukan pembersihan atau mengganti bagian cartridge.

5. Error Ink Notification

Pernahkah kamu mencetak dokumen, namun notifikasinya memperlihatkan tinta kosong. Padahal, waktu kamu lihat tabung tinta terisi penuh. Masalah tersebut mampu diatasi dengan cara merestart sistem agar kembali ke pengaturan semula. Caranya dengan menekan tombol tinta selama beberapa detik, lalu lepaskan kembali dan menekannya kembali selama 4 detik.

Itulah cara memperbaiki printer epson L120 lampu berkedip bergantian dijamin ampuh dan aman. Terdapat juga pembahasan mengenai penyebab printer Epson error yang penting diketahui. Untuk mengatasinya, kamu dapat memilih cara manual atau via bantuan software. Cara tersebut dapat membuat proses cetak dokumen menjadi lancar.


Calon Siswa
Calon Siswa Seorang yang sedang menimba ilmu dan berusaha lebih untuk menggapai cita-cita.