Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Instal Printer Epson L310 Tanpa CD dengan Mudah dan Aman

Cara Instal Printer Epson L310


Cara Instal Printer Epson L310 - Printer Epson L310 merupakan printer berharga terjangkau yang banyak digunakan oleh pemilik usaha percetakan. Epson menyediakan file driver gratis yang dapat didownload gratis. Proses untuk menginstalnya juga dapat dilakukan dengan mudah. Jika kamu ingin menginstal driver printer, namun terkendala CD instalasi hilang atau rusak, kamu tidak perlu cemas. Kamu dapat mengikuti panduan tentang cara instal printer Epson L310 tanpa CD.

Instal Printer Epson L310 Tanpa CD

Cara instal printer Epson L3110 tanpa CD bisa dilakukan dari situs Epson. Jadi, memerlukan sambungan dengan internet untuk mendownload driver yang baru. Bagi kamu yang ingin melakukan instalasi tanpa CD, simak langkah cara menginstal printer Epson L310 tanpa CD berikut:

  1. Mengunjungi Situs Epson

Bukalah situs resmi Epson terlebih dahulu. Di halaman utamanya, ketikkan model dari printer yang digunakan. Tuliskan Epson L3110 kemudian tekan lambang “Search” untuk melakukan pencarian. Epson akan menampilkan daftar model printer, lalu klik pada tipe yang sesuai.

Cara instal printer Epson L3110 berikutnya yaitu memilih sistem operasi yang digunakan di laptop. Sebelumnya perlu diingat bahwa versi OS yang diunduh haruslah sesuai dengan yang ada di laptop. Sebagai contoh, laptop dengan Windows 7 32-bit juga harus mengunduh driver dengan sistem yang sama.

  1. Mengunduh File Driver

Tekan pada tulisan Drivers+ yang ada di menu Download. Nantinya, dari sini kamu bisa melihat daftar sistem OS untuk dipilih sebelum memulai download. Langkah berikutnya adalah memilih yang sesuai dengan laptop, kemudian tekan “Download”.

Epson akan memberi notifikasi berupa informasi mengenai printer yang digunakan. Mulai dari nama produk, bahasa, OS, versi, negara, dan sebagainya. Pastikan semuanya sudah sesuai dengan yang dipilih. Tekan “Accept” untuk melanjutkan.

  1. Membuka Folder Penyimpanan Driver

Setelah itu silahkan kamu buka folder penyimpanan driver yang sudah kamu unduh. Berikutnya, di klik dua kali. Kemudian, kamu akan ditampilkan kotak dialog dengan pilihan opsi yakni Setup, Cancel, dan About. Kamu bisa memilih Setup. Ikuti panduan selanjutnya.

  1. Memilih Jenis Printer

Langkah berikutnya yang dapat kamu lakukan yakni dengan memilih model Epson L310, lalu klik OK. Kemudian, kamu diminta untuk memilih Bahasa Indonesia dan tekan OK. Setelah itu, kamu akan ditampilkan perjanjian lisensi, pilih tombol Setuju dan ketuk OK.

  1. Muncul Notifikasi Windows Security

Cara install printer Epson L130 tanpa CD yang harus diperhatikan yakni apabila ditampilkan notifikasi Windows Security, maka kamu harus melakukan centang pada bagian yang bertuliskan Always Trust Software, lalu tombol Install ditekan. Kamu harus memastikan bahwa kabel USB printer telah tersambung dengan laptop dan printer sudah dinyalakan. Jika printer belum menyala, maka kamu harus menekan tombol power.

  1. Tunggu hingga Komputer Mengidentifikasi Printer

Cara instal printer Epson L310 tanpa CD yang terakhir adalah dengan menunggu beberapa saat sampai komputer selesai mengidentifikasi printermu. Nantinya, akan ada notifikasi yang memberitahukan printer telah tersambung. Proses instalasi akan selesai, jika kamu mendapatkan notifikasi bahwa  penginstalan driver printer dan konfigurasi berhasil diselesaikan. Setelah itu, cobalah untuk mencetak dokumen.

Cara Scan dan Fotocopy Dokumen di Epson L310

Setelah mengetahui cara instal printer epson l310 tanpa cd, kamu sudah bisa mencetak dokumen, scan, dan juga fotocopy. Sebelumnya, kamu harus memastikan bahwa sudah menginstal driver scanner Epson L310. Setelah berhasil terpasang, pastikan driver scanner dapat digunakan untuk melakukan proses scanning. Pastikan proses penginstalan dilakukan sesuai dengan petunjuk yang diarahkan. Berikut ulasan selengkapnya:

  1. Memasukkan Dokumen

Langkah pertama yang dapat kamu lakukan adalah dokumen dimasukkan ke tempat scan yang sudah disediakan. Bukalah tempat scan tersebut. Lalu kemudian, letakkan dokumen yang discan dan jangan lupa menutupnya kembali.

Pastikan bahwa kamu telah meletakkan dokumennya dengan benar dan jangan sampai terbalik dengan cara menghadapkannya ke kaca. Usahakan juga dokumen jangan sampai miring atau terlipat. Hal ini akan membuat hasil scan menjadi tidak rapi dan berantakan.

  1. Membuka Epson Scan 2

Langkah berikutnya yakni kamu membuka dan menjalankan aplikasi Scan 2. Kamu perlu menunggu beberapa saat sampai sistemnya telah dipersiapkan untuk scanner. Kemudian, kamu akan ditampilkan jendela pengaturan, setting seperti yang kamu inginkan. Tekan tombol setting.

Tunggu hingga sistemnya selesai. Jika proses scanning sudah selesai, maka dokumen yang discan secara otomatis akan menyimpan di folder My Document. Selain itu, kamu juga dapat memilih sendiri tempat penyimpanan file dengan cara proses setting terlebih dahulu sebelum menekan tombol scan. Mudah dan sederhana, bukan?

  1. Langkah Melakukan Fotocopy Dokumen

Kamu juga dapat melakukan fotocopy warna yang dihasilkan hitam putih dan juga berwarna. Untuk melakukannya perangkat tidak perlu tersambung ke printer. Tekan tombol power dan menekan tombol fotocopy yang tombolnya bergambar kertas. Setelah itu, kertas atau dokumen yang perlu di fotocopy dimasukkan ke dalam tempat scan yang sudah disediakan. Hadapkan dokumen ke kaca.

Kemudian, kamu harus menekan tombol fotocopy bergambar kertas yang pertama menandakan dokumen yang kamu fotocopy akan menghasilkan warna hitam. Sementara, untuk melakukan fotocopy dengan hasil berwarna, kamu harus menekan tombol bergambar kertas yang tombolnya berwarna biru. Pilih sesuai kebutuhan, jangan sampai salah saat melakukan fotocopy, karena akan membuang-buang waktu untuk mengulang.

Itulah cara instal printer Epson L310 tanpa CD yang dilengkapi dengan panduan melakukan fotocopy dan scan di printer. Hal ini tentu akan lebih menghemat proses pengerjaan dokumen. Printer Epson L310 yang dijual dengan harga terjangkau, namun juga memiliki keunggulan dibandingkan dengan merek yang lain dan sangat cocok untuk pemula yang belum paham benar tentang dunia printer


Calon Siswa
Calon Siswa Seorang yang sedang menimba ilmu dan berusaha lebih untuk menggapai cita-cita.