Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Setting Router Totolink N200RE Seluruh Mode

Cara Setting Router Totolink N200RE Seluruh Mode
Cara Setting Router Totolink N200RE Seluruh Mode

Cara Setting Router Totolink N200RE - Totolink N200RE adalah sebuah perangkat jaringan wireless yang biasa digunakan dalam menyebarkan sinyal wifi ke beberapa perangkat atau device yang digunakan dalam usaha layanan penyedia internet. Alat tersebut sering digunakan dalam kondisi indoor dikarenakan tidak tahan dengan air walaupun bisa di modifikasi menjadi outdoor, tetapi sangat disarankan untuk digunakan secara indoor.

Selain itu perangkat ini juga memungkinkan kita dalam terhubung ke suatu jaringan lokal yang bisa dibuat sebagai titik akses untuk mendapatkan suatu koneksi internet. Didalam sebuah router Totolink N200RE ini terdapat berbagai macam mode yang bisa anda gunakan beberapa diantaranya.
  • Gateway
  • Access Point
  • WISP
  • Repeater Extender
Dilain sisi produk dari totolink ini memiliki ukuran yang cukup kecil di bidang wireless sehingga sangat fleksibilitas untuk ditempatkan dimana saja dikarenakan ukurannya yang begitu mini serta wirelss tersebut memiliki fitur yang cukup lengkap dibandingkan dengan wireless lainnya.

Cara Setting Router Totolink N200RE Seluruh Mode


Tanpa berpikir panjang disini kami Calon Siswa akan memberikan beberapa tutorial dalam melakukan konfigurasi router Totolink N200RE dengan berbagai macam yang mode yang telah saya sebut sebelumnya, sebagai berikut :

1. Sebagai Gateway 


Untuk tutorial pertama disini kita akan membuat sebuah gateway di perangkat router Totolink N200RE. Lalu, untuk langkah-langkah dalam melakukan settingan sebagai gateway di router Totolink N200RE, sebagai berikut :
  1. Silahkan hubungkan handphone/laptop anda ke jaringan Totolink.
  2. Kemudian, buka salah satu browser dan ketik halaman konfigurasi di 192.168.0.1, apabila anda belum pernah setting alat tersebut nantinya bakal disuruh buat password login baru.
  3. Lalu untuk masuk ke halaman loginnya bisa mengklik tombol skip apabila tidak ingin menambah password baru, login dengan menggunakan username: admin dan password: admin.
  4. Selanjutnya, pada halaman dashboard pilih mode Gateway dikarenakan disini kita akan mengubahnya menjadi wireless router dan pastikan anda sudah memasang kabel lan di wlan perangkan tersebut.


  5. Pada bagian WAN Type > pilih DHCP Client yang nantinya anda sesuai dengan port wan anda. Masukkan nama SSID beserta Password wifi yang anda inginkan > kemudian klik tombol Apply.


  6. Tunggu hingga proses penyesuaiannya selesai.

2. Sebagai Access Point (AP)


Selanjutnya disini kita mengubah router tersebut dengan menggunakan settingan access point di perangkat router Totolink N200RE. Lalu, untuk langkah-langkah dalam melakukan settingan sebagai access point di router Totolink N200RE, sebagai berikut :
  1. Pastikan anda sudah menghubungkan modem utama ke wlan di perangkat totolink dengan menggunakan kabel LAN. Kemudian pilih mode Access Point (AP).


  2. Setelah itu masukkan SSID dan Password sesuai dengan keingin anda masing-masing > klik tombol Apply untuk menyimpan.
  3. Tunggu hingga proses penyesuaian selesai dan hubungkan smartphone anda ke jaringan tersebut.
  4. Selesai

3. Sebagai WISP (Wireless Internet Service Provider)


Selanjutnya disini kita akan melakukan konfigurasi WISP yang merupakan salah satu motode yang bisa anda gunakan dalam melakukan penerimaan sebuah jaringan WiFi. Lalu, untuk langkah-langkah dalam melakukan settingan sebagai wisp di router Totolink N200RE, sebagai berikut :
  1. Langkah pertama, ubah mode operasi menjadi mode WISP > klik tombol Scan pada Primary Router Connection.
  2. Nantinya bakal muncul beberapa list AP jaringan wifi yang tersedia disekitar anda dan klik jaringan yang ingin anda hubungkan.


  3. Selanjutnya pada menu Primary Router Wireless > Masukkan nama SSID dan Password sesuai dengan ap yang anda sandingkan. Untuk bagian Repeater 2.4GHz Wireless > Masukkan SSID dan Password yang anda inginkan untuk ditampilkan > klik tombol Apply untuk melakukan penyimpanan.
  4. Selesai

4. Sebagai Repeater Extender


Terakhir disini kita akan mengubah mode router tersebut menjadi repeater extender atau biasa disebut sebagai mode penguat sinyal, biasanya mode tersebut banyak digunakan disebuah rumah yang memiliki ruangan yang cukup banyak dan untuk mencakup seluruhnya bisa menggunakan metode yang satu ini.

Lalu, untuk langkah-langkah dalam melakukan settingan sebagai repeater di router Totolink N200RE, sebagai berikut :
  1. Silahkan ubah mode didalam router menjadi Repeater (Extender).
  2. Kemudian, nantinya anda disuruh untuk melakukan scanning dan pilihlah jaringan wifi yang ingin anda sebar lagi.
  3. Seperti mode sebelumnya, disini anda diharuskan untuk memasukkan SSID dan Password wifi yang anda sandingkan pada Primary Router dan untuk Repeater 2.4GHz masukkan nama SSID dan Password yang anda inginkan > dan klik tombol Apply.
  4. Selesai

Penutup


Demikianlah pembahasan kita kali ini terkait bagaimana Cara Setting Router Totolink N200RE Seluruh Mode dengan mudah, apabila anda memiliki pertanyaan atau masalah seputar artikel diatas silahkan komen dikolom komentar dibawah artikel ini. Sekian dan terima kasih.

Terima kasih sudah berkunjung di website Calonsiswa.id.
Calon Siswa
Calon Siswa Seorang yang sedang menimba ilmu dan berusaha lebih untuk menggapai cita-cita.