Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Resetter Printer Epson L405 Dengan Mudah

Cara Resetter Printer Epson L405 Dengan Mudah
Cara Resetter Printer Epson L405 Dengan Mudah

Cara Resetter Printer Epson L405 - Seperti yang kita ketahui salah satu merek printer yang saat ini paling banyak digunakan terutama di Indonesia yaitu sebuah printer bernama Epson. Selain yang paling banyak di cari, printer ini juga salah satu kebutuhan bagi dunia percetakan. Karena salah satu fitur yang paling sering digunakan yaitu sebuah fitur berteknologi nirkabel jarak jauh tanpa menggunakan kabel pastinya.

Selain itu, walaupun printer ini terbilang cukup bagus pada beberapa fitur yang disediakan oleh pabrik, pastinya juga memiliki yang namanya kelemahan pada printer yang membutuhkan sebuah penanganan yang sangat serius agar kelemahan tersebut tertutupi.

Contoh salah satu penanganan yang bisa kita lakukan sendiri yaitu dengan melakukan reset atau biasa. Dimana dalam hal ini reset memiliki dua pilihan yang bagus untuk kita lakukan yaitu dengan melakukan reset secara otomatis ataupun bisa menggunakan aplikasi bernama resetter.

Mengapa Printer Epson L405 Perlu di Resetter ?


Sebelum kita masuk ke inti pembahasan kali ini, disini admin Calon Siswa akan berbagi pengalaman sedikit mengenai maksud dari Resetter tersebut.

Pada dasarnya Resetter merupakan sebuah software yang sering digunakan untuk mengembalikan sebuah setelan menjadi setelan default (pabrik). Hal ini dilakukan pada printer Epson L405 ketika mengalami masalah serius. Karena kita menggunakan printer tersebut pastinya pada setelan sudah mengalami banyak perubahan.

Hal ini juga sering terjadi pada printer Epson merk lainnya, apabila pada status main pad counter sudah melebihi batas kemampuan yang terintergrasi pada chip tersebut, maka secara otomatis printer akan mengirim sebuah sinyal error pada notifikasi dan kedipan beberapa kali pada lampu printer.

Berikut adalah beberapa pesan notifikasi yang sering terjadi pada tanda error printer Epson L405, sebagai berikut :
  1. Waste Ink Pads Counter Error
  2. A Printer's ink pad is at the end of its service life please contact support Epson.
  3. Ink pad is at the end of its service live.
  4. Service required.
  5. Ink waste is full.
  6. Other
Untuk mengatasi salah satu permasalahan diatas contohnya seperti "Waste Ink Pads Counter overflow error" hal itu disebabkan pada batas main pad pada printer Epson L405 sudah melebihi batas dari ketentuan chip pada printer yaitu melebihi rata-rata 6000 point.

Cara Resetter Printer Epson L405 (Manual/Resetter)


Apabila anda mendapatkan notifikasi seperti yang saya bilang sebelumnya yaitu main pad pada counter sudah melebihi batas, salah satu cara terbaik yang bisa anda gunakan untuk mengatasinya yaitu dengan cara mereset printer.

Untuk melakukan reset pada printer Epson L405 terdapat 2 cara yang bisa anda gunakan yaitu secara manual tanpa aplikasi atau menggunakan Resetter Adjustment Program yakni aplikasi reset otomatis.

Reset Printer Epson L405 Secara Manual


Untuk melakukan reset printer secara manual tanpa aplikasi anda bisa mengikuti tutorial dibawah ini tanpa harus mengunduh sebuah software tambahan. Langkah-langkahnya sebagai berikut :
  1. Hidupkan printer Epson L405 dengan cara menekan tombol Power.
  2. Kemudian setelah printer hidup, tekan pada tombol Resume sebuah logo tinta kurang lebih sekitar 5 detik dan lepaskan.
  3. Setelah itu tekan tombol tadi lagi selama 3 detik dan lepaskan lagi.
  4. Nantinya printer tersebut akan memberikan sebuah tanda bahwasannya akan melakukan reset.
  5. Setelah proses reset selesai, silahkan rebot printer anda dengan cara matikan dan hidupkan kembali printer yang telah direset sebelumnya.
  6. Selesai

Bagaimana mudah bukan terkait reset printer Epson L405 secara manual, apabila cara tersebut tidak berhasil anda bisa melakukan cara kedua yaitu dengan bantuan sebuah aplikasi Resetter. Untuk tutorialnya silahkan simak dibawah ini.

Reset Printer Epson L405 Menggunakan Resetter


Lalu bagaimana cara melakukan reset otomatis dengan menggunakan aplikasi Resetter Ajdustment Program. Seperti yang saya ketahui, dengan menggunakan metode otomatis ini anda akan mendapatkan banyak keuntungan dengan menggunakan tools tersebut loh.

Nantinya didalam aplikasi terdapat berbagai macam opsi menu utama yang bisa anda sesuaikan dengan kerusakan pada printer Epson L405. Lalu bagaimana caranya? Silahkan anda simak tutorial dibawah ini dengan seksama.
  1. Silahkan download tools Resetter terlebih dahulu disini.
  2. Kemudian, buka file dan ekstrak file tersebut yang telah anda download sebelumnya.
  3. Kemudian klik kanan pada mouse dan tekan tombol menu Run as Administrator.
  4. Setelah aplikasi terbuka nantinya terdapat tombol dan Select untuk memilih seri print yang anda gunakan. Pilih seri L405 dan untuk port di posisi Auto Selection/Default.
  5. Kemudian klik tombol OK dan tekan tombol Particular Adjustment Mode dan scroll sampai anda menemukan menu Maintenance.
  6. Pilih Waste Ink Pad Counter dan centang pada kotak Main pad Counter dan klik tombol Check.
  7. Setelah itu klik pada kotak Main Pad Counter dan tekan tombol Initialization.
  8. Apabila seluruh proses telah selesai, langkah selanjutnya yaitu mereboot printer tersebut.
  9. Selesai

Akhir Kata


Sekian dulu pembahasan kita kali ini terkait Cara Resetter Printer Epson L405 Dengan Mudah, apabila anda memiliki kendala mengenai pembahasan kali ini silahkan komen dikolom komentar dibawah dan apabila artikel ini bermanfaat buat teman-teman sekalian jangan lupa untuk share ke teman-teman yang lain yang membutuhkan sekian dan terima kasih.

Terima kasih sudah berkunjung di website Calonsiswa.id.
Calon Siswa
Calon Siswa Seorang yang sedang menimba ilmu dan berusaha lebih untuk menggapai cita-cita.