Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengubah Tampilan Login Page Hotspot di Mikrotik

Cara Mengubah Tampilan Login Page Hotspot di Mikrotik
Cara Mengubah Tampilan Login Page Hotspot di Mikrotik

Cara Mengubah Tampilan Login Page Hotspot di Mikrotik - Pada dasarnya setiap router di mikrotik pastinya memiliki sebuah fitur, dimana fitur tersebut diberi nama Hospot. Contohnya ketika anda ingin membuat sebuah usaha WiFi voucheran pastinya harus menggunakan fitur tersebut untuk menjalankan usaha anda. Dimana untuk tutorial mengaktifkan fitur hospot telah tersedia di blog Calon Siswa di artikel Cara Setting dan Konfigurasi Hospot di Mikrotik Lengkap yang telah kita sajikan.

Selain itu ketika anda membuat hospot nantinya akan dialihkan ke halaman login page tersebut untuk melakukan proses autentikasi user yang mana client diwajibkan untuk memasukan username dan password yang telah dibuat. Lalu bagaimana cara mendapatkan halaman login page tersebut? ketika anda mengunjungi menu files pada mikrotik nantinya akan terlihat kumpulan file yang memiliki ektensi HTML. Nah tampilan pada login page tersebut berasal dari file yang memiliki nama login tersebut secara default.

Halaman login page tersebut bisa kita ubah sesuai dengan keinginan kita dimana anda bisa membeli atau mendownload salah satu file login page yang bisa anda temukan di Youtube, Google, maupun grub Mikrotik lainnya.

Cara Mengubah Tampilan Login Page Hotspot di Mikrotik


Lalu bagaimana cara mengubah tampilan default menjadi tampilan yang kita miliki? Nah, sesuai dengan judul artikel kali ini disini saya admin Calon Siswa akan memberikan beberapa tips dan tutorial terkait cara mengubah halaman login page hospot pada Mikrotik tersebut, antara lain :
  1. Sediakan terlebih dahulu file template login page yang ingin anda ubah, bisa anda temukan melalui Google, Youtube maupun grub komunitas lainnya.
  2. Kemudian ektrak file yang telah anda download apabila file tersebut berbentuk ZIP mengubahnya menjadi folder.
  3. Selanjutnya, silahkan copy file yang telah anda ekstrak tadi dengan cara menggunakan CTRL + C, kemudian masuk pada menu Files dan klik tombol paste yang terdapat disamping tombol backup.
  4. Apabila sudah anda copy, langkah selanjutnya yaitu mengubah tampilan awal menjadi tampilan yang telah anda paste sebelumnya di menu IP > Hospot > setelah itu klik tombol Server Profiles, biasanya pada default server profiles memiliki nama hsprof1 klik 2x pada nama tersebut.
  5. Kemudian ubah pada HTML Directorynya menjadi nama file yang telah anda upload sebelumnya, apabila sudah klik tombol Apply.
  6. Selanjutnya untuk menguji cobanya silahkan anda masuk ke hospot anda dan tunggu hingga halaman directnya muncul.
  7. Tadaaa akhirnya halaman pagenya telah berubah.

Mungkin sekian dulu pembahasan singkat saya mengenai bagaimana Cara Mengubah Tampilan Login Page Hotspot di Mikrotik dengan mudah dan benar, apabila anda memiliki sebuah pertanyaan atau masalah seputar artikel diatas, silahkan menghubungi saya melalui contact yang telah tersedia dan juga bisa melalui form komentar dibawah artikel ini.

Apabila artikel ini dikira bermanfaat buat teman-teman sekalian alangkah baiknya untuk melakukan share kepada teman lainnya yang membutuhkan, mungkin sekian dan terima kasih atas perhatiannya.
Calon Siswa
Calon Siswa Seorang yang sedang menimba ilmu dan berusaha lebih untuk menggapai cita-cita.