Cara Mengatasi Laptop Lemot di Windows 10 Dengan Mudah

 Cara Mengatasi Laptop Lemot di Windows 10
Cara Mengatasi Laptop Lemot di Windows 10

Calonsiswa.id - Apakah laptop anda lemot meski sudah menggunakan windows terbaru ? jika iya, maka artikel ini akan memaparkan beberapa tips mengatasi laptop lemot windows 10 dengan mudah. Di masyarakat umum khususnya pengguna laptop selalu mengikuti update windows dengan sematan berbagai fitur terbaru yang lebih memanjakan pengguna. Tak terkecuali windows 10.

Saat ini windows 10 sudah banyak digunakan para pengguna laptop karena dengan sematan berbagai fitur baru yang nyaman di pakai. Akan tetapi, dibeberapa pengguna windows 10 masih mengeluhkan laptop-nya menjadi lemot. meskipun hal tersebut bukan saja penyebab utamanya. Karena bisa jadi ada penyebab lain seperti laptop yang sudah atau ada virus.

Cara Mengatasi Laptop Lemot di Windows 10


Terlepas dari itu semua, ada beberapa tips mengatasi laptop lemot windows 10 yang bisa kalian coba. Simak penjelasannya berikut ini :

1.  Hapuslah Backup Windows Update


Berikutnya cara mengatasi laptop lemot windows 10 yaitu dengan hapus backup di windows update di laptop anda. Keberadaan file backup itu sudah tidak dibutuhkan lagi yang jika dibiarkan menumpuk akan menyebabkan kinerja laptop menjadi berat dan lemot. cara menghapus file backup yaitu dengan langkah – langkah berikut ini :
  1. Pada kolom search di windows 10 dilaptop anda ketikkan  “disk cleanup”.
  2. Tentukan drive yang akan di analisis, contohnya local Disk D. Lalu klik OK dan tunggu hingga hasilnya muncul. 
  3. Centang File yang akan dihapus dengan cara klik satu persatu pada filenya. 
  4. Klik ok.

2. Matikanlah Visual Effectt yang tidak dibutuhkan


Selanjutnya cara ini bisa anda coba dalam mengatasi laptop lemot yaitu dengan mematikan visual effect yang tidak dibutuhkan di laptop windows 10. Cara mematikannnya cukup mudah, langkah-nya adalah:
  1. Klik kanan di windows start dan Buka menu windows ekplorer.
  2. Klik kanan dimenu this PC kemudian pilih properties.
  3. Pilih Advanced system settings dan di bagian performance, pilih Setting.
  4. Ubah pilihan ke custom. 
  5. Pilih visual effect yang anda ingin pakai. Pastikanlah memilih yang tidak memberatkan kinerja laptop anda lemot.

3. Matikanlah Aplikasi di Start Windows


Seringkali aplikasi yang diinstal secara otomatis on atau menyala saat laptop dihidupkan. Dan ternyata hal tersebut dapat mengakibatkan laptop lemot yang tentu saja sangat mengganggu pekerjaan anda. Maka cara mengatasi laptop lemot berikutnya adalah dengan mematikan beberapa aplikasi yang otomatis hidup ketika startup windows 10.

Adapun langkah untuk mematikannya sangat mudah, anda bisa:
  1. Tekan tombol Windows  + R. 
  2. Ketik msconfig, dan enter.
  3. Maka akan muncul daftar aplikasi, kemudian anda bisa langsung disable program yang tidak diperlukan.

4. Bersihkanlah File di Folder Prefetch


Seperti folder temp, file di folder prefetch harus rutin dihapus agar laptop tidak lemot. adapun cara menghapus file dalam folder ini adalah sebagai berikut :
  1. Klik windows + R
  2. Ketik “Prefetch” dan enter.
  3. Jika terdapat menemukan ijin administrator, klik OK.
  4. Tekan CTRL + A.
  5. Kemudian hapus semua file didalam folder tersebut.

5. Hapuslah File Pada Folder Temp Secara Rutin


File temp merupakan hasil dari ekstrak aplikasi atau besar editing yang menggunakan aplikasi tertentu. File temp selalu tersimpan otomatis, jika dibiarkan maka bisa terakumulasi sehingga menyebabkan ruang penyimpanan memori laptop berkurang. Jika semakin banyak memori terpakai maka makin besar kemungkinan laptop akan lemot.

Untuk menghindari itu, sebaiknya anda selalu menghapus file tersebut dengan berkala agar ruang memori laptop anda tidak berkurang. Adapun langkah – langkah dalam menghapus file temp adalah : 
  1. Tekan tombol windows+R
  2. Ketik “temp” lalu enter.
  3. Tekan tombol CTRL + A
  4. Klik Shift + D maka semua file tersebut akan terhapus

6. Hapus Program yang tidak penting di laptop windows 10


Laptop yang sering lemot ketika dioperasikan bisa saja penyebabnya karena terlalu banyak aplikasi atau program yang terinstal.

Oleh karena itu, sebaiknya anda meng-uninstal aplikasi atau program yang jarang dipakai atau tidak diperlukan. lebih baik gunakanlah memori penyimpanan hanya untuk hal –hal yang penting saja. Agar laptop tidak akan lemot saat dioperasikan dan anda nyaman ketika menggunakannya.

7. Ubah Pengaturan Daya


cara berikutnya dalam mengatasi windows 10 lemot yaitu dengan mengubah pengaturan daya baterai. Adapun langkahnya yaitu: 
  1. Masuk ke control panel
  2. Pilih system dan security 
  3. Pilih power options.
  4. Klik tanda panah disebelah kanan untuk menampilkan “additional plans” lalu pilih “high performance.

8. Perawatan Sistem


Di windows 10 terdapat layanan built-in yang dapat menjalankan perawatan sistem secara intens seperti defragmenting hardisk, cek malware dan memindai update terbaru.

Biasanya task seperti ini bekerja di background, akan tetapi jika anda merasa ada perubahan pada kinerja sistem anda dapat menghidupkannya secara manual. Adapun langkahnya :
  1. Buka menu control panel lalu pilih menu system and security.
  2. Pilih securitty and  maintenance dan klik OK.
  3. Akan muncul opsi Maintenance dan klik “start Maintenance”

Akhir Kata


Itulah beberapa informasi yang bisa saya share selaku admin calon siswa mengenai bagaimana Cara Mengatasi Laptop Lemot di Windows 10 Dengan Mudah. apabila kamu memiliki kendala seputar artikel diatas, silahkan komentar melalui form komen dibawah ini.
Seorang yang sedang menimba ilmu dan berusaha lebih untuk menggapai cita-cita.