Kunci Sukses Berjualan Online di Instagram dan Facebook

Kunci sukses berjualan online di Instagram dan Facebook dengan memperhatikan kualitas konten, mengembangkan jaringan, memiliki jiwa selling dan respon
Kunci Sukses Berjualan Online
Kunci Sukses Berjualan Online

Calonsiswa.id - Platform media sosial Instagram dan Facebook menjadi salah satu media paling banyak digunakan orang untuk memulai bisnis online. Kamu pun pastinya memanfaatkan media tersebut bukan? Bagaimana sih kunci sukses berjualan online di kedua platform tersebut?

Penting kamu perhatikan kedua jenis media sosial tersebut memiliki kecenderungan pengguna yang berbeda. Facebook didominasi oleh pengguna dari generasi usia kelahiran di atas tahun 1980, atau generasi x. Sedangkan Instagram banyak memiliki pengguna dari kalangan milenial hingga generasi z.

5 Kunci Sukses Berjualan Online di Instagram dan Facebook


Lalu bagaimana mengoptimalkan kedua platform tersebut untuk jualan online? Artikel ini akan mengulasnya:

1. Konten adalah Raja



Cara jualan online di Facebook atau Instagram harus memperhatikan konten. Konten adalah raja. Inilah yang akan kamu tampilkan pada akun medsosmu. Konten terdiri dari banyak jenis seperti gambar, video, infografis, narasi tulisan, poster, atau kombinasi dari semuanya.

Bagaimana konten yang bagus? Selain dibuat secara profesional, konten juga harus memuat value atau nilai manfaat utama dari produk yang kamu jual. Ini adalah proses edukasi yang akan membuat konsumen akhirnya mengatakan ‘oh iya, ini memang produk bagus’.

2. Jiwa Selling yang Interaktif


Di antara cara berjualan online untuk pemula yang penting kamu perhatikan adalah mengembangkan jiwa selling yang lebih interaktif, apa itu?

Pernah ketemu dengan admin jualan online yang cuek dalam melayani chat di wa, atau membalasnya cukup lama? Kalau kamu seorang yang masih menjual sendiri produk kamu jangan pernah lakukan hal tersebut.

Dalam proses melayani pertanyaan dari konsumen atau proses negosiasi, jangan pernah chat berhenti di kamu sebagai penjual. Berikan solusi-solusi pada setiap pertanyaan atau masalah konsumen. Cepat respond dan selalu bersikap ramah.

3. Mengembangkan Jaringan


Bisnis online yang sukses adalah bisnis yang memiliki banyak jaringan di bawahnya. Sistem keanggotaan, reseller, agen, dan sejenisnya adalah upaya untuk membuat bisnis lebih bertahan.

Hal ini bukan hanya berlaku di dunia nyata, bisnis online pun demikian. Buat sistem yang menguntungkan untuk semua pihak sehingga orang tertarik untuk menjadi bagian dari bisnis kamu.

4. Memanfaatkan Fitur Iklan


Kamu bisa memanfaatkan fitur iklan di Instagram atau Facebook untuk meningkatkan jangkauan promosi produk yang kamu miliki.

Tips jualan online di Instagram dan Facebook ini memang tidak menjamin mampu meningkatkan penjualan secara signifikan, tetapi kamu tetap akan mendapat insert positifnya. Misalnya saja follower yang akan meningkat.

Pastikan produk yang kamu tampilkan di Facebook atau Instagram untuk iklan adalah yang terbaik dengan penawaran yang menarik. Konsumen bisa langsung tertarik dan bukan tidak mungkin langsung closing.

5. Mengatur Jadwal Postingan


Tips sederhana jualan di media sosial tetap harus memperhatikan jam postingan. Kapan waktu yang kira-kira para pengguna medsos sering online.

Misalnya pagi hari sebelum bekerja sekitar pukul 7 pagi, siang menjelang makan siang, sore setelah jam bekerja, malam setelah jam makan malam dan seterusnya.

Ketika postingan dibuat dan mendapat tanggapan konsumen, langsung balas dan respon untuk meningkatkan popularitas postingan tersebut.

Penutup


Selain tips di atas, pastikan juga produk yang kamu jual sesuai dengan segmen pasarnya. Siapa follower kamu? Bagaimana caranya menemukan follower tertarget yang memang memiliki minat dengan produk yang kamu jual?

Lakukan evaluasi dan analisa seperti ini. Jumlah follower yang tinggi terkadang tidak memberikan efek closing sebab ternyata follower tersebut bukan follower tertarget. Kunci sukses berjualan online lama-lama akan kamu temukan sendiri seiring dengan pengalaman dan proses belajar. Jangan lupa untuk selalu mengembangkan bisnis, bukan hanya sebatas jualan dan closing.
Seorang yang sedang menimba ilmu dan berusaha lebih untuk menggapai cita-cita.