Internet Banking: Pengertian, Cara Daftar dan Keuntungannya

Keberadaan internet banking membuat segala transaksi dan aktivitas perbankan kamu semakin mudah. Manfaatkan semua fiturnya dengan mendaftar segera.
Internet Banking
Internet Banking

Calonsiswa.id - Sebagai bagian dari masyarakat zaman now, Sahabat Jago tentunya selalu menggunakan smartphone dan internet di kehidupan sehari-hari, bukan? Selain untuk mengobrol, smartphone juga bisa kamu gunakan untuk transaksi melalui internet banking, lho.

Keberadaan layanan ini membuat Sahabat Jago tidak perlu repot-repot ke ATM untuk cek saldo maupun berkirim uang. Yuk, cari tahu lebih dalam tentang layanan online yang satu ini.

Apa Itu Internet Banking?



Internet banking adalah layanan online yang disediakan oleh pihak bank untuk memudahkan nasabahnya dalam bertransaksi.

Dengan memanfaatkan layanan ini, Sahabat Jago bisa transfer uang, cek saldo, melihat laporan pengiriman uang, bahkan membayar tagihan rumah tangga juga. Kamu hanya perlu menyiapkan ponsel yang kompatibel dengan spesifikasi aplikasi dan koneksi internet yang lancar. Selain kamu tidak perlu mengantre di mesin ATM, layanan ini bebas biaya alias gratis. Menarik, kan?

Tidak hanya soal transaksi yang semakin praktis saja, Sahabat Jago juga bisa melakukan transfer uang dengan limit maksimum transfer internet banking yang lebih besar daripada melalui mesin ATM. Detailnya dapat kamu lihat pada tabel di bawah ini.

Nama Bank Jenis Transaksi Besaran Limit per Hari
Mandiri Transfer ke sesama Mandiri Rp. 200.000.000
Transfer ke bank lain Rp. 200.000.000
BCA Transfer ke sesama BCA Rp. 250.000.000
Transfer ke bank lain Rp. 250.000.000
BRI Transfer ke sesama BritAma Rp. 100.000.000
Transfer ke sesama BritAma Bisnis/Giro Rp. 500.000.000
Transfer ke bank lain Rp. 25.000.000
BNI Transfer ke sesama BNI Rp. 100.000.000
Transfer ke bank lain Rp. 50.000.000
JENIUS Transfer ke sesama Jenius/BTPN Rp. 1.000.000.000
Transfer ke bank lain Rp. 250.000.000
BTN Transfer ke sesama BTN Rp. 300.000.000
Transfer ke bank lain Rp. 100.000.000

Dengan menggunakan layanan online, kamu bisa melakukan transaksi dengan nominal lebih banyak dan proses yang jauh lebih mudah.

Apa Bedanya Internet Banking dan Mobile Banking?


Internet banking berbeda dengan mobile banking, meskipun keduanya memerlukan koneksi internet dan smartphone untuk mengakses data kamu.

Kedua layanan ini memiliki proses mendaftar yang berbeda. Selain itu, kamu bisa mengakses layanan internet banking di mana saja, baik itu melalui smartphone maupun personal computer. Selama kamu mengingat username dan kata sandi, transaksi bisa kamu lakukan di mana saja dan melalui gawai apa saja.

Sedangkan mobile banking mengharuskan kamu mengunduh aplikasi dan mendaftarkan nomor ponsel. Apabila kamu mengakses aplikasi ini dari nomor lain, maka sistem akan menolak secara otomatis.

Namun tentu saja, kedua layanan ini memberikan banyak keuntungan untuk para pengguna dan pihak bank sendiri.

Bagaimana Cara Mendaftar Internet Banking?


Apabila Sahabat Jago ingin menggunakan layanan ini, kamu harus melakukan pendaftaran dulu. Cara daftar layanan online perbankan ini tidak sulit, kok.
  • Pertama, kamu bisa pergi ke mesin ATM dan memilih menu “daftar internet banking”.
  • Setelahnya, kamu hanya perlu mengikuti panduan yang ada.
  • Kemudian, mesin ATM akan mengeluarkan struk berisi username dan kata sandi yang kamu buat.

Pada tahap ini, kamu sudah bisa melakukan cek transaksi yang aksesnya tersedia di website internet banking bank yang kamu gunakan. Apabila layanan ini nantinya akan kamu gunakan untuk pembayaran dan transaksi lainnya, kamu harus ke bank atau menelepon customer service untuk tahap selanjutnya.

Lalu jika seluruh rangkaian proses terpenuhi, kamu akan menerima laporan pemberitahuan via email untuk setiap transasi yang kamu lakukan.

Manfaat Menggunakan Internet Banking


Ada berbagai kelebihan internet banking yang tidak bisa kamu lewatkan begitu saja. Beberapa kelebihannya antara lain adalah sebagai berikut.

#1 Serba Mudah dan Bebas Biaya


Dengan menggunakan layanan online, kamu tidak perlu repot-repot mencari mesin ATM dan mengantre. Semua bisa kamu akses melalui ponsel maupun komputer dari mana saja dan kapan saja.

Selain itu, layanan yang ada di online banking ini bisa kamu akses dengan mudah selama 24/7 dan tidak dipungut biaya tambahan, alias gratis.

#2  Efisiensi


Kamu bisa menggunakan layanan e-banking untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas. Semua transaksi keuangan bisa kamu lakukan melalui satu pintu.

Tidak hanya transfer uang, cek saldo dan mutasi rekening, kamu juga bisa membayar tagihan bulanan, cicilan kart kredit, hingga transaksi di e-commerce dengan lebih mudah.

#3 Kemudahan Membuka Rekening Baru dan Mengajukan Pinjaman


Setelah kamu terdaftar sebagai pengguna e-banking, kamu bisa membuka berbagai tabungan baru tanpa harus pergi ke kantor cabang terdekat. Tidak hanya itu, kamu juga bisa mengajukan berbagai pinjaman, seperti KPR, KMG, dan KTA dengan lebih mudah secra online.

#4 Cek Kurs Mata Uang Asing


Setiap kali kamu masuk ke layanan online banking, kamu bisa mengakses informasi nilai tukar mata uang rupiah terhadap berbagai mata uang asing. Bahkan pengecekan bisa kamu lakukan secara berkala, lho.

Resiko Online Banking


Namun memang tidak dapat dipungkiri bahwa layanan online seperti ini memiliki beberapa celah kelemahan. Kelemahan tersebut berpotensi membahayakan apabila Sahabat Jago tidak waspada.
  • Resiko pencurian data.
  • Skimming, phishing, dan modus lain yang merugikan nasabah.
  • Rawan malware dan virus. Apabila melakukan transaksi menggunakan layanan online perbankan, sebaiknya kamu tidak menggunakan VPN maupun tersambung dengan WiFi umum.
  • Tanpa koneksi internet, kamu tidak bisa mengakses layanan online banking.

Tips Transaksi Aman dan Nyaman dengan Internet Banking


Seperti penjelasan sebelumnya, beberapa resiko yang muncul karena menggunakan online banking dapat diminimalisir apabila kamu lebih cermat dan mengikuti beberapa tips aman internet banking di bawah ini.
  1. Pastikan data pribadi terjaga dengan baik. Jangan pernah berikan informasi username kamu ke orang lain. Ingat, pihak bank tidak pernah meminta data pribadi kamu melalui apapun.
  2. Sebaiknya kamu selalu mengetikkan URL online banking langsung. Kamu sudah memasukkan alamat yang benar apabila muncul tanda gembok sebelum nama website.
  3. Ketika membuat kata sandi, pastikan tidak mudah ditebak namun kamu mudah mengingatnya. Untuk meningkatkan keamanan, kamu dianjurkan untuk meng-update kata sandi secara berkala. 
  4. Jangan pernah menggunakan VPN ketika melakukan transaksi atau mengakses layanan online banking. Apabila ada transaksi yang tidak pernah kamu lakukan, segera laporkan ke pihak bank, ya.
  5. Agar segala informasi kamu aman, sebaiknya kamu memasang password untuk ponsel dan komputer yang kamu gunakan untuk melakukan transaksi menggunakan layanan online.

Kesimpulan


Keberadaan layanan online untuk aktivitas perbankan sangat membantu kebutuhan kamu untuk melakukan transaksi. Proses daftar yang mudah dan fitur yang beragam membuatmu tidak perlu jauh-jauh mencari mesin ATM.

Oleh karena itu, tunggu apalagi? Segera daftar dan aktifkan layanan internet banking di ponsel Sahabat Calon Siswa, ya!
Seorang yang sedang menimba ilmu dan berusaha lebih untuk menggapai cita-cita.