5 Cara Mengatasi HP Android Lemot Menjadi Lancar Kembali

Cara Mengatasi HP Android Lemot
Cara Mengatasi HP Android Lemot

Calon Siswa - Cara mengatasi hp lemot Ternyata tidaklah sulit. Pada artikel ini akan dibahas  mengenai penyebab hp android menjadi lemot dan juga cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasinya.

Handphone Android yang sering dikenal pula dengan smartphone biasanya memang akan selalu mengalami turunnya performa kecepatan akses apabila sudah anda gunakan dalam waktu bertahun-tahun, tanpa melakukan perawatan yang memadai.

Penyebab HP Android Menjadi Lemot


Berikut ini adalah beberapa hal yang sering menyebabkan hp anda menjadi lemot, yaitu sebagai berikut :

1. Update Pembaharuan Sistem Operasi


Melakukan pembaharuan atau update sistem operasi adalah sebuah hal penting bagi android anda, hal ini karena pembaharuan sistem yang berhasil akan dapat meningkatkan kinerja smartphone anda.

Akan tetapi, jika update pada sistem operasi memakai space yang besar pada memori internal anda, maka Hal ini perlu anda pertimbangkan untuk tidak melakukannya, apalagi jika penyimpanan yang tersisa dalam gadget anda tinggal sedikit.

2. Penurunan Kinerja RAM & Memori Penyimpanan


RAM dan juga memori internal pada smartphone bisa pula mengalami penurunan kinerja layaknya sebuah baterai. Penyebab hal ini bisa saja karena adanya penghapusan data atau penghapusan aplikasi tertentu dari sistem yang ternyata berdampak pada berkurangnya performa akses gadget anda.

Efek terburuknya kemudian adalah semakin lambatnya kinerja gadget anda dalam melakukan sebuah aktivitas.

3. Performa dan Kinerja Baterai yang Sudah Menurun


Jika Baterai gadget anda sudah menurun performa dan kualitasnya, maka hal ini juga akan dapat mempengaruhi kecepatan akses dan performa gadget Android anda.

Oleh karena itu, sangat penting untuk merawat ketahanan daya baterai anda dengan tidak memaksa menggunakannya saat di-charge, serta segera mencabut chargernya jika baterai sudah terisi penuh agar gadget anda tidak dicharge terlalu lama.

4. Data yang Terlalu Banyak di Memori Internal


Kecepatan akses memori internal pada smartphone anda akan menurun perlahan sesuai dengan banyaknya data di dalamnya. Data atau file-file tersebut dapat berbentuk berbagai aplikasi, banyaknya foto kualitas tinggi, banyaknya video ukuran besar, atau pun file dan data lainnya yang mungkin jarang anda hapus, sehingga bertumpuk dalam waktu yang lama. Hal ini kemudian memengaruhi kecepatan kerja ponsel anda hingga menjadikannya lemot.

5. Kapasitas dan Kemampuan Penyimpanan


Pada awalnya, banyak pengguna smartphone yang tidak peduli dengan kemampuan memori penyimpan pada gadget mereka, sehingga mereka tidak ragu memasang berbagai aplikasi berukuran besar di ponsel android mereka. Semua aplikasi tersebut terus ditumpuk, meskipun sangat jarang dipakai. Inilah salah satu faktor umum penyebab gadget menjadi lemot.

Oleh sebab itu, pilihlah dan simpan aplikasi sesuai yang anda butuhkan saja, agar memori internal dan RAM gadget anda terhindar dari lemot. 

Cara Mengatasi HPAndroid Lemot Menjadi Lancar


Berikut ini cara mengatasi Cara Mengatasi HP Lemot yang bisa anda coba untuk menghilangkan lemot dari gadget Android anda.

1. Lakukan Reset Pabrik atau Factory Reset


Reset ke pengaturan pabrik merupakan salah satu cara cepat dan efektif untuk meningkatkan kembali performa dan kecepatan akses ponsel android anda. Namun, sebelum melakukannya, pastikan bahwa anda sudah melakukan backup terlebih dahulu semua data penting yang ada di dalam memori internal gadget anda. Sebab reset pabrik akan menghapus semuanya.

2. Gunakanlah Aplikasi Custom ROM


Custom ROM sangat efektif untuk menangkal bloatware yang merupakan bawaan ponsel, serta menjadi salah satu penyebab hp lemot. Pastikan anda memilih aplikasi custom ROM yang sesuai dan cocok dengan merk dan tipe ponsel anda.

3. Non Aktifkan Auto-Sync


Fitur Auto-Sync sebenarnya memang harus anda aktifkan secara berkala, agar anda bisa terhubung dan menerima informasi penting dari berbagai akun online anda semisal email dan juga akun lainnya.

Akan Tetapi, hal ini ternyata sangat berdampak besar dan menjadi salah satu beban berat bagi kecepatan kinerja ponsel anda. Sehingga anda perlu mematikan fitur Auto-Sync ini untuk menghindari HP anda menjadi lemot.

4. Bersihkan Cache Secara Berkala


Cache adalah kumpulan data akses internet dari berbagai situs dan aplikasi yang pernah atau pun sedang anda gunakan. Dengan cache ini, anda akan bisa dengan cepat dan mudah membuka sebuah situs atau aplikasi yang sebelumnya telah pernah anda gunakan.

Meski sepintas sangat bermanfaat, kumpulan cache yang terus dibiarkan menumpuk dan tidak pernah dibersihkan akan dapat membuat kecepatan akses HP Android anda menjadi lemot. Anda perlu memBersihkan cache secara rutin dan teratur, agar tidak menumpuk dan membebani RAM anda, yang akhirnya menjadikannya lemot.

5. Hapuslah Semua Aplikasi Unduhan yang Jarang Terpakai


Berbagai Aplikasi baru yang dirilis di Google Playstore memiliki daya tarik tersendiri untuk anda coba. Akan tapi, jangan pernah sembarang pasang pada aplikasi-aplikasi tersebut. Sebab, penggunaan banyak aplikasi akan berdampak pada sedikitnya ruang penyimpanan yang tersisa pada android anda, dan bisa menjadi salah satu faktor umum hp menjadi lemot.

Oleh sebab itu, hindari memasang aplikasi yang sebenarnya tidak anda butuhkan. Hal ini Untuk menjaga agar HP Android anda selalu dalam performa terbaiknya. Selain itu, Anda perlu juga menghapus aplikasi yang memiliki fungsi dan kegunaan yang sama.
Seorang yang sedang menimba ilmu dan berusaha lebih untuk menggapai cita-cita.