Cara Setting Modem Fiberhome HG6243C Menjadi Access Point

Adakah Cara Setting Modem Fiberhome HG6243C Menjadi Access Point? mengingat fungsi access point diantaranya bisa menjangkau area yang lebih luas?
Cara Setting Modem Fiberhome HG6243C Menjadi Access Point
Cara Setting Modem Fiberhome HG6243C Menjadi Access Point

Calonsiswa.id - Berbicara mengenai jaringan pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa informasi terkait pengalaman saya, dimana kita akan menjadikan berbagai macam modem bekas indihome menjadi salah satu alat yaitu Access Point.

Pastinya tentu saja bagi anda yang pernah berlangganan dengan salah satu provider Indihome pasti akan mendapatkan salah satu alat yaitu modem, walaupun mereka memberikannya secara random mulai dari ZTE, Huawei, Fiberhome dan lainnya.

Tentu saja kita akan memanfaatkan barang bekas tersebut untuk dijakan sebagai access point dalam memperlus jaringan internet, tentu saja tanpa harus kita membeli repeater dan antena lainnya.

Cara Setting Modem Fiberhome HG6243C Menjadi Access Point


Meskipun cara ini dibilang cukup sulit, tetapi dengan kamu menekuninya setiap step by step pastinya anda akan lebih memahaminya. Khususnya Modem Fiberhome HG6243C. Untuk penjelasan lebih lengkapnya, bisa Anda simak dalam uraian berikut ini. Diantaranya sebagai berikut :

1. Alat Yang Harus Dipersiapkan


Nah, dalam pembuatan access point tentu kita harus menyiapkan beberapa alat yang harus anda siapkan dalam mengubah modem fiberhome menjadi access point, beberapa diantaranya :
  1. Modem + Adaptor
  2. Kabel LAN Straight
  3. Laptop atau PC

2. Panduan Lengkap Setting Modem Fiberhome HG6243C Menjadi Access Point


Setelah anda menyiapkan beberapa bahan ataupun peralatan diatas, langkah selanjutnya yang harus anda lakukan dalam Setting Modem Fiberhome HG6243C Menjadi Access Point ini yaitu dengan melakukan Reset Modem Dengan Menggunakan Jarum pada port Reset.Untuk Settingannya sebagai berikut :
  1. Silahkan masukan kabel LAN ke laptop dan tunggu sampai proses indentifikasi selesai.
  2. Masuk ke halaman browser dengan memasukan url 192.168.1.1 dan akan muncul tampilan login.
  3. Seperti yang kita ketahui untuk default login user dan password pada modem Fiberhome HG6243C yaitu user: admin dan password: admin, atau anda bisa melihatnya pada belakang modem tersebut.
  4. Langkah selanjuntya ketika anda sudah login yaitu dengan pilih Tab menu Network dan pilih menu samping Broadband Setting > Internet Setting.
  5. Kemudian pilih add pada menu pojok kanan dan pilih menu Service type Internet > pilih Connection type Bridge > dan Vlan ID > Untuk bagian Priority masukan angka bebas dan ceklist semua port LAN 1 - 4 agar nanti bisa anda custom sendiri.
  6. Untuk SSID silahkan anda checklist semuanya dan pilih Apply modem dan akan restart sendiri.
  7. Setelah itu kita akan mematikan DHCP Service seta membuat SSID Wifi baru untuk ap baru dengan cara tab pada menu Network dan LAN Setting.
    a. un cek list other config flag.
    b. un cek list enable dhcp6s.
    c. dhcp servis pilih type disable
  8. Kemudian pilih Apply dan langkah terakhir kita akan membuat ssid wifi baru sebagai ap yaitu sama halnya seperti kita membuat ssid wifi baru.
  9. Pilih menu tab Network > Pilih Wifi Setting > Advanced > Masukan nama SSID Wifi yang akan anda gunakan, anda juga bisa menggunakan password sama hal seperti membuat sebelumnya.
  10. Selesai

Akhir Kata


Seperti itulah tentang bagaimana Cara Setting Modem Fiberhome HG6243C Menjadi Access Point dalam mencakup wilayah jarinan yang cukup luas dengan mudah, perlu saya ingat kembali bahwa cara ini tidak sepenuhnya berhasil. Tetapi sesuai dengan pengalaman saya dalam membuat modem fiber menjadi access point cara ini pasti work.

Mungkin sekian dulu pembahasan kita kali ini, semoga artikel ini bermanfaat bagi teman-teman sekalian dalam mengubah modem fiberhome menjadi access point, sekian dan terima kasih.

Seorang yang sedang menimba ilmu dan berusaha lebih untuk menggapai cita-cita.